[JOURNAL] 4 Elemen Dasar Penyusun Sebuah Permainan

Secara umum, permainan adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Dalam permainan kita bisa mengembangkan berbagai kemampuan baik itu individu maupun secara social. Tapi tahukah kamu kalau membuat sebuah permainan harus memiliki elemen dasar? Secara teori (dalam Crawford, 1984) ada empat elemen dasar penyusun sebuah permainan yang akan dijelaskan sebagai berikut

  1. Elemen pertama adalah Mekanika. Mekanika adalah unsur yang berwujud seperangkat prosedur dan aturan yang diterapkan dalam permainan. Mekanika menggambarkan tujuan dari permainan, bagaimana prosedur agar pemain bisa mencapai tujuan tersebut dan dinyatakan menang serta prosedur jika pemain tersebut tidak berhasil mencapai tujuan atau dinyatakan kalah. Mekanika adalah unsur pembeda diantara jenis media hiburan lain. Kenapa pembeda? Coba bandingkan antara media hiburan lain seperti buku dan film, kamu bisa mencatat bahwa media hiburan tersebut melibatkan teknologi, cerita dan estetika namun tidak melibatkan mekanika.
  2. Elemen kedua adalah cerita. Cerita berpengaruh penting dalam penyusunan sebuah permainan. Cerita menggambarkan urutan peristiwa yang menjelaskan alur permainan. Setiap permainan memiliki cerita. Kuat lemahnya cerita tergantung dari kuat atau tidaknya pengaruh dan nilai yang ada pada permainan tersebut. Sesederhana permainan pun pasti akan memiliki cerita dibaliknya. Cerita akan tergambar jelas jika dibantu elemen-elemen penyusun lain sehingga pengaruh dan nilai akan tersampaikan dengan maksimal.
  3. Elemen selanjutnya adalah estetika. Estetika adalah bagaimana suatu permainan itu terlihat, terdengar, tercium dan terasa. Estetika merupakan aspek yang sangat penting dari perancangan permainan (game design) karena memilki hubungan langsung dengan pengalaman pemain (user experience). Estetika menjadi garda terdepan untuk memancing minat pemain karena berhubungan langsung dengan indra manusia
  4. Element terakhir adalah teknologi. Elemen ini akan terus berkembang dari zaman ke zaman. Elemen ini akan memberi pengaruh baik jika dimanfaatkan dengan baik. Teknologi pada dasarnya adalah media dimana estetika berlangsung, mekanik bekerja dan cerita akan diberitahu.

Sekarang kita menjadi tahu, betapa kompleknya suatu sistem permainan. Tertarik dengan pengetahuan-pengetahuan lain tentang desain permainan (game design) Cek terus www.segara.id!

Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *