[JOURNAL] 5 Manfaat Mainan Bagi Tumbuh Kembang Anak

Banyak orang yang beranggapan bahwa mainan hanya sebuah obyek untuk hiburan semata. Namun lebih dari itu mainan memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi anak-anak. Mainan memiliki peran mendidik, mampu mengembangkan kecerdasan dan merangsang kreativitas.

Pada dasarnya, mainan memiliki 5 manfaat utama yaitu motorik, afektif, kognitif, spiritual dan keseimbangan. Manfaat motorik adalah manfaat yang berhubungan dengan nilai positif yang terjadi pada perkembangan fisik jasmaniah anak. Manfaat ini bisa meliputi unsur-unsur kesehatan, ketangkasan dan keterampilan.

Manfaat kedua adalah afeksi. Afeksi adalah manfaat mainan yang meliputi perkembangan psikologis anak. Afeksi bisa meliputi unsur perasaan, emosi, naluri, sifat, karakter, watak dan kepribadian. Manfaat ketiga adalah kognitif yang berhubungan dengan perkembangan kecerdasan anak. Manfaat kognitif ini akan membentuk kemampuan imajinasi, nalar, logika dan pengetahuan yang sistematis.

Manfaat yang keempat adalah manfaat spiritual yakni manfaat yang menjadi dasar pembentukan nilai-nilai keluhuran akhlak manusia. Manfaat spiritual merupakan perpaduan nilai-nilai positif dari afeksi dan kognisi. Manfaat yang terakhir adalah keseimbangan. Manfaat keseimbangan ini berfungsi untuk melatih dan mengembangkan antara nilai-nilai positif dan negatif dari suatu mainan. Perbandingan nilai ini akan ditemukan anak saat bermain. Contohnya adalah pisau. Pada keadaan nyata pisau adalah benda tajam berbahaya dan bukanlah sebuah objek yang bisa dimainkan. Namun pisau bisa dimainkan jika dibentuk sedemikian rupa. Tujuannya adalah untuk mengajarkan simulasi kepada anak tentang kegunaan pisau. Misalnya pisau dibuat bukan dalam bentuk sebenarnya (plastik atau kayu). Jika dimainkan pisau mampu melatih dan memberi pengetahuan anak cara memotong sayuran dan daging.

Banyak bukan manfaat dari bermain?

Referensi: Muliawan, J. U. (2009). Tips Jitu Memilih Mainan Positif & Kreatif untuk Anak Anda. Jogjakarta: DIVA Press.

Comments

comments