[JOURNAL] Apa Pengertian dari Bermain, Mainan dan Permainan?

Siapa yang tidak kenal dengan istilah bermain, mainan dan permainan? Tiga istilah ini sangat erat dan dekat dengan kehidupan. Semua kata ini berasal dari kata dasar main. Ada yang tahu pengertian dari kata main?

Istilah main adalah kata kerja yang menunjukkan aktivitas seseorang untuk mencari kesenangan atau kepuasan tertentu. Secara sederhana jika dalam sebuah kalimat, kata main biasa diawali dengan subyek dan diakhiri dengan obyek. Misalnya Wawan main Bola.

Lalu bagaimana dengan kata Bermain? Arti kata bermain sama dengan istilah main yakni menunjuk pada aktivitas seseorang yang melakukan suatu jenis permainan. Contohnya Rudi bermain ular tangga.

Nah berbeda lagi jika kata Mainan. Ada yang tahu? Secara semantik akhiran -an mengubah arti dari kata main. Istilah mainan berarti objek atau suatu benda yang bisa dipermainkan. Fungsinya bukan lagi sebagai kata kerja melainkan menjadi sebuah objek.

Terakhir adalah permainan. Permainan adalah situasi atau kondisi tertentu pada saat seseorang mencari kesenangan atau kepuasan melalui suatu yang aktivitas yang disebut main. Dalam konteks ini wujud permainan bisa berupa objek konkret seperti bola, mobil-mobilan dan lain-lain. Sedangkan dalam wujud abstrak berupa aktivitas yang melibatkan perasaan.

Kesimpulannya istilah mainan, bermain dan permainan memiliki keseragaman arti sebagai suatu aktivitas mencari kesenangan atau kepuasan tertentu dalam wujud objek konkret dan abstrak.

Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *