Awal Mula Kata Emak Board Game

Kata Emak Board Game adalah sebuah game project yang digagas oleh Dyan Rachmatullah. Pada awalnya Kata Emak merupakan sebuah inisiasi berbentuk mainan papan yang diikutsertakan dalam lomba karya tulis ilmiah . Tema yang diangkat oleh Kata Emak Board Game adalah nilai-nilai anti korupsi. Nilai-nilai ini kemudian disederhanakan dalam pemahaman anak usia sekolah dasar berupa kejujuran dan tanggung jawab.

Kejujuran dan tanggung jawab merupakan nilai dasar yang sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari anak. Latar cerita yang diambil dalam board game ini adalah saat si anak diminta tolong oleh ibunya untuk berbelanja ke warung. Dalam latar ini, anak akan diberi uang untuk membeli keperluan ibu di warung. Si anak diberi amanah untuk berbelanja sesuai perintah dan tepat waktu.

Kata Emak Board Game pun mulai mendapat pengembangan dan pendalaman saat diterima menjadi judul Tugas Akhir semasa masih berkuliah. Dengan pengetahuan desain dan bahan, Kata Emak dikembangkan dengan material board/karton serta plastik PVC.

Komponen dari Kata Emak board game berupa papan permainan, figur emak, figur anak, figur tukang jualan jajan, figur tukang hiburan, kartu-kartu aksi serta dadu permainan. Mekanik permainan yang digunakan adalah dice rolling and movement. Perpaduan dua mekanik ini cukup sederhana dan mampu dimengerti anak dengan mudah. Pada tahap selanjutnya Kata Emak dikembangkan lagi dalam berbagai tipe permainan yang lebih sederhana. (Dyan Rachmatullah)

Comments

comments