[REVIEW] Bakiak, Keseruan Jatuh dan Melangkah Bersama

Ada yang pernah bermain bakiak? Bakiak atau nama lainnya adalah Terompa Galuak merupakan permainan tradisional dari Sumatera Barat. Bakiak terbuat dari dua papan kayu tebal yang dibuat menyerupai sandal raksasa dengan panjang 120-125 cm. Pada tiap-tiap papan dipasang tiga hingga empat tali karet untuk mengikat kaki pemain layaknya memakai sandal.

Permainan bakiak ini sangat popular dalam rangka mengisi lomba 17 Agustusan di hampir seantero Indonesia. Permainan ini dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan oleh tiga hingga empat orang sekaligus. Permainan ini mengutamakan kerjasama dan kekompakan dari tiap pemainnya untuk menciptakan tujuan yang satu.

Peraturan dalam permainan bakiak sangatlah sederhana. Peserta biasanya terdiri dari 3 hingga 4 orang yang terdiri laki-laki ataupun perempuan. Pada permulaan tiap regu berdiri di garis permulaan (start)  sembari memakai bakiak. Setelah panitia memberikan aba-aba dimulai, tiap regu beradu cepat untuk mencapai garis akhir (finish). Kesulitan dalam permainan ini adalah jika tim regu ada yang tidak kompak sehingga jalan bakiak menjadi tidak beraturan dan menyebabkan terjatuh. Regu yang paling cepat berjalan hingga garis akhir dialah yang dinyatakan sebagai pemenang.

Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *