[JOURNAL] Dasar Perancangan Permainan #1 : Definisi Desain Permainan

Halo Segara, pada seri kali ini kami mencoba untuk memberikan beberapa pengetahuan tentang perancangan permainan. Sebelumnya beranjak jauh sebaiknya kita mesti tahu dulu apa itu desain permainan (game design). Desain Permainan terdiri dari dua kata yaitu desain dan permainan. Desain memiliki arti kerangka atau rancangan. Sedangkan Permainan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang digunakan untuk bermain, barang atau sesuatu yang dipermainkan. Menurut Ernest Adam mengartikan kata permainan (game) sebagai berikut

A game is a type of play activity, conducted in the context of a pretended reality, in which the participant(s) try to achieve at least one arbitrary, nontrivial goal by acting in accordance with rules.

Dari pengertian diatas di dapat makna sebuah permainan adalah jenis kegiatan/aktivitas bermain yang dilakukan dalam konteks kenyataan berpura-pura (pretended reality) dimana pemain mencoba untuk mencapai sesuatu sesuai maunya mencapai tujuan yang dianggap berharga dengan bertindak sesuai aturan. Sedangkan menurut Richard Rouse, Game Design adalah sebagai berikut (Rouse, 2005)

The game design is what determines the form of the gameplay. Game design determines every detail of how the gameplay will function.

Definisi diatas memiliki arti rancangan permainan menentukan bentuk dari gameplay. Lalu rancangan permainan juga akan menentukan setiap detil bagaimana gameplay itu akan berfungsi. Gameplay bisa diartikan secara harfiah adalah memainkan permainan. Secara definisi Gameplay adalah interaksi antara pengguna (user) dengan permainan yang dimainkan terkait aturan main. Lalu menurut, pengertian game design adalah sebagai berikut (Brathwaite & Schreiber, 2009)

Game design is the process of creating the content and rules of a game. Good game design is the process of creating goals that a player feels motivated to reach and rules that a player must follow as he makes making meaningful decisions in pursuit of those goals.

Bila diartikan kalimat diatas mengandung makna rancangan permainan adalah sebuah proses untuk menciptakan konten dan aturan permainan. Rancangan permainan yang baik adalah proses menciptakan tujuan yang mana seorang pemain merasa dimotivasi untuk mencapai dan mengikuti aturan disaat ia mengambil keputusan tersebut.

Nah, dari berbagai definisi diatas sudah cukup memberikan informasi bukan tentang desain permainan? Untuk sesi kedua Segara akan membahas Jenis-jenis rancangan permainan. Pantegin terus ya!

Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *