[JOURNAL] Dasar Perancangan Permainan #2 : Jenis-Jenis Desain Permainan

Setelah memahami tentang definisi sekarang kita mencoba untuk memahami tentang jenis-jenis desain permainan. Setiap tipe permainan memiliki karakteristik masing-masing. Karakteristik ini berkaitan erat dengan rancangan permainan yang akan dibuat. Berikut ini adalah enam aspek rancangan yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah permainan (Brathwaite & Schreiber, 2009)

a. Rancangan General/Global (World Design)

Rancangan Global adalah sebuah proses umum dalam pembuatan permainan yang mencakup latar belakang, keadaan, sasaran dan tema permainan.

b. Rancangan Sistem (Sistem Design)

Rancangan sistem adalah sebuah proses pembuatan atau penciptaan (creation) tata aturan pokok yang berpola sistematis dalam sebuah permainan

c. Rancangan Konten (Content Design)

Rancangan Konten adalah proses pembuatan konten atau isi yang mendukung permainan. Konten permainan mencakup karakter, objek permainan, teka-teki (puzzle) dan misi.

d. Tulisan dan cerita Permainan (Game Writing)

Game Writing ini mencakup penulisan dialog, teks dan cerita yang terkandung di dalam permainan.

e. Rancangan Tingkatan (Level Design)

Rancangan tingkatan adalah sebuah susuan tingkatan dalam permainan yang mencakup tata letak dan penempatan objek permainan untuk setiap tantangan yang berbeda.

f. Antarmuka Pengguna (User Interface)

User Interface terdiri dari dua rancangan. Pertama bagaimana pemain dapat berinteraksi dengan permainan. Kedua bagaiman pemain dapat menerima informasi dan umpan balik (feedback) dari inti permainan.

Dari 6 jenis desain permainan sebenarnya hampir mencakup semua komponen dalam suatu permainan yang utuh. Nyatanya, setiap permainan memiliki latar belakang disetiap penciptaannya. Lalu memiliki sasaran dan tema yang ingin diangkat di dalamnya.

Secara teknis desain permainan ini diperlukan sebuah rancangan sistem untuk memberikan tata aturan. Kemudian aturan ini diimplementasikan dalam bentuk produk sebagai wujud permainan. Permainan yang baik juga harus memiliki cerita dan penulisan yang baik.

Untuk menimbulkan efek kesenangan dan aspek kompetitif maka dibuatlah sistem tingkatan yang membagi pemain dalam rentang kategori. Lalu semua sistem diintegrasikan dan divisualisasikan dalam bentuk User Interface.

Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *