[JOURNAL] Dasar Perancangan Permainan #3 : Game Design Atom

Pada seri ketiga tulisan mengenai game design akan membahas tentang Syarat Dasar Rancangan Permainan atau diistilahkan sebagai Game Design Atom. Setiap rancangan permainan memiliki syarat dasar masing-masing. Syarat yang dimaksud disini adalah minimum requirement yang harus ada dalam konsep perancangan sebuah permainan. Ada tujuh syarat dasar yang harus dimiliki dalam sebuah perancangan permainan. (Brathwaite & Schreiber, 2009)

A. Game State and Game View

Game State adalah kumpulan dari semua informasi sebenarnya yang terkait (relevant virtual information) yang memiliki kemungkinan berubah selama permainan. Contoh sederhannya adalah permainan catur. Game state dari permainan ini berupa kumpulan bidak, posisi bidak pada papan dan keterangan informasi berdasarkan perpindahan sebelumnya. Selain itu, jika diambil contoh pada permainan poker, game state permainan ini adalah tangan setiap pemain, chips, the size of the pot, giliran gerak dan posisi kartu pada deck.

Sedangkan Game View adalah bagian dari Game State yang dapat dilihat oleh pemain. Pada permainan catur Game View adalah Game state karena tidak ada informasi yang disembunyikan. Setiap pemain dapat melihat gerak langkah tanpa ada yang ditutupi.

B. Player, Avatar and Game Bits

Player adalah seseorang yang memainkan dan menjalankan permaianan berdasarkan aturan main. Besar kecilnya sebuah permainan tergantung pada banyaknya pemain yang ikut di dalamnya. Namun jika tidak ada pemain di dalamnya, game tidak bisa disebut sebagai permainan karena tidak ada sistem dan aturan yang berjalan.

Avatar adalah representasi dari pemain dalam sebuah permainan. Istilah avatar sering kita dengar dan lihat pada tipe permainan digital. Sedangkan pada permainan non digital tidak terlalu populer dengan istilah avatar. Contoh sederhananya adalah pada permainan monopoly, mobil dan anjing kecil merupakan representasi pemain. Pada catur, bidak raja serta bidak lainnya yang melindungi raja bisa kita sebut sebagai avatar. Namun pada beberapa permainan tidak menggunakan avatar dalam area permainan. Hal ini terjadi pada permainan poker dimana setiap pemain mewakili diri sendiri dalam permainan tersebut.

Game Bits adalah barang/objek yang bersifat fisik yang dibutuhkan untuk bermain dalam permainan. Game Bits ini bisa berupa kartu (cards), dadu (dice), pengacak angka, pseudo (random number/color generator), informasi yang tersembunyi (hidden information dan lain-lain. Game bits ini memberikan efek yang penting bagi jalannya sebuah permainan.

Dalam perancangan permainan memang membutuhkan komposisi yang kompleks mengenai teori. Masih ada 5 lagi syarat dasar perancangan permainan. Mau tau lanjutannya. Simak terus di www.segara.id !

Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *