[JOURNAL] Dasar Perancangan Permainan #3 : Game Design Atom

Setelah memahami 2 syarat sebelumnya yakni Game State and Game View; Player, Avatar and Game Bits. Mari kita lanjutkan pembahasan dengan lima syarat lainnya.

C. Mechanics

Game Mechanics adalah syarat dalam permainan yang biasa disebut aturan main. Game Mechanics memiliki orientasi pada bagaimana permainan itu bisa berjalan/bekerja berdasarkan aturan yang ada. Gambarannya adalah pada permainan monopoly. Ketika pemain melewati sebuah kotak properti (kota, hotel dsb) kamu bisa membelinya. Sesederhana itulah kerja dari Game Mechanics. Berikut ada beberapa Game Mechanics yang biasa ditemui dan digunakan pada permainan yang ada.

a. Setup

Setup yang dimaksud disini adalah brief awal sebelum melakukan permainan. Brief ini menjelaskan aturan main bagaimana permainan ini dimulai dan berakhir

b. Victory Condition

Dalam aturan main perlu dijelaskan bagaimana keadaan yang permainan yang bisa dikatakan menang. Contoh pada catur yakni ketika semua bidang dimakan habis atau ketika kondisi dan posisi raja terjepit tidak bisa melangkah

c. Progression of Play

Ini merupakan tahap teknis dalam sebuah permainan. Mengenai siapa yang jalan pertama, aturan jalan, kondisi-kondisi ketika bertemu, berpapasan, atau bersamaan. Selain itu, aturan jalan juga ditentukan apakah sesuai arah jarum jam atau berlawanan.

d. Player Action

Aspek ini menjelaskan bahwa ada beberapa permainan yang menggunakan player action. Kondisinya setiap pemain memiliki karakter masing-masing dan dapat memberikan efek masing-masing dalam permainan. Aspek ini seringkali dijumpai pada permainan digital. Pada permainan non digital tidak ditemui karena menggunakan prinsip konvensional dan sejajar.

e. Definition of Game View

Mechanics juga memiliki definisi sebagai tata aturan main yang tepat dan jelas mengenai informasi yang bisa diketahui oleh setiap pemain kapanpun. Jika aturan main berupa harus didiskusikan dan disepakati dahulu sebelum melakukan permainan.

D. Dynamics

Game Dynamic adalah bermain pola yang berasal dari Game Mechanic yang diatur sedemikian rupa dalam bentuk tahapan yang dilalui pemain.Ada dua Game Dynamic yang sering digunakan dalam permainan yakni “race to the end” dan “territorial acquisition.” Permainan yang menggunkan prinsip dinamika territorial acquisition adalah Civilization, Starcraft, Risk, Axis & Allies, Diplomacy and Go. Sedangkan permainan yang menggunakan prinsip race to the end adalah Mario Kart, Candyland, The Game of Life and Chutes & Ladders

E. Goals

Lapisan utama/atas dari sebuah permainan adalah tujuan permainan (game goals). Tujuan pokok dari suatu permainan tentu saja memperoleh kemenangan. Pada beberapa keadaan tujuan bisa diartikan sebagai mission atau quests. Tujuan yang khas memberikan hadiah untuk memotivasi pemain untuk mengalahkan musuh, mencari harta karun, mengumpulkan senjata dan asset.

F. Theme

Tema dalam permainan adalah suatu dasar yang melatarbelakangi permainan. Dasar ini mengenai tema, warna, cerita, dan aturan main. Contohnya adalah Bohnanza adalah permainan yang bertemakan petani buncis. Lalu Super Mario Bros seorang tukang ledeng yang pergi ke kerajaan jamur untuk menyelamatkan ratu.

Sudah paham kan sekarang dengan ketujuh syarat dasar perancangan permainan? Semoga bermaanfaat !

Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *