[REVIEW] Rescue – Virtual Emergency Room, Sensasi Berdonor Darah Via Board Game

Pada event Game Prime 2016 lalu, kami berkesempatan untuk mencoba permainan kartu Rescue, Virtual Emergency Room. Permainan kartu ini dirancang oleh Demeira Games Studio. Tema yang diambil dalam permainan kartu ini adalah kegiatan sosial yakni donor darah. Permainan ini terinspirasi dari sebuah pergerakan yang dilakukan oleh Blood For Life Indonesia yakni memberikan bantuan untuk mencarikan pendonor darah via sosial media.

Permainan ini menggambarkan tentang keadaan suatu daerah yang memiliki sebuah Tim Rescue. Tim ini bertugas untuk membantu Bank Darah dalam pemenuhan kebutuhan darah melalui sosial media. Sosial media ini disebut sebagai Virtual Emergency Room (VER).

VER ini dijaga oleh dua hingga empat orang admin yang merepresentasikan diri sebagai pemain. Tipe permainannya lebih berfokus pada kerjasama untuk mengalahkan sistem permainan. Tujuan akhirnya adalah memenuhi semua kebutuhan darah yang masuk VER agar bisa ditolong.

Setiap giliran, tiap pemain akan diberikan pilihan apakah akan memilih untuk memenuhi kebutuhan darah (Rescue) atau mengambil kartu event. Jika memilih rescue, maka pemain akan mencocokkan antara kartu pendonor dengan pasien yang berada di VER sesuai dengan golongan darah dan jumlah kantong darah.

Dalam permainan ini juga terdapat kartu beberapa kartu spesial seperti kartu Rescue Team yang memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pasien yang segolongan darah. Adapula kartu penyakit yang harus dibasmi dengan beberapa kartu life atau penangkalnya di kartu event. Sedangkan kartu event berisi tentang peristiwa-peristiwa seperti mudik, demam berdarah, leukemia yang membuat pasien di VER semakin bertambah. Selain itu ada kartu retweet, reset, rotasi dan kartu untuk memusnahkan virus.

Permainan akan dikatakan menang jika para admin mampu untuk memenuhi semua kebutuhan darah di VER dan admin yang mampu menolong banyak pasien (ditandai perhitungan poin) maka akan menjadi admin terbaik.

Jika tertarik dengan permainan ini silahkan kunjungi kontak dibawah ini :

https://web.facebook.com/ReplayID

https://web.facebook.com/ferdian.kelana

Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *