[REVIEW] Oh My Sheep, Susah Payah Mengumpulkan Domba dan Akhirnya Direbut dengan Mudah!

Tiga belas Agustus 2016 merupakan hari kedua Popcon Asia 2016. Sasaran utama ke Popcon Asia 2016 adalah Tabletopia, mencicipi berbagai macam boardgame baru buatan Indonesia. Board Game yang paling awal dijajal di Tabletopia adalah Oh My Sheep. Oh My Sheep (OMS) adalah boardgame besutan besutan Canvas Studio bersama Ubergames. Kebanggaan lainnya adalah boardgame ini akan masuk kickstarter loh. Jadi jelas sasaran tembak permainan ini tidak hanya lokal namun juga Internasional.

Oh My Sheep

OMS mengisahkan tentang 4 kawanan ras yakni Goblin, Orc, Cyclops dan Imp. Empat kawanan ini berebut untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya domba untuk dijadikan santapan. Yummy! Setiap ras memiliki keistimewaan masing-masing yang bisa digunakan pada saat permainan.

Tiap pemain akan memilih satu ras untuk dijadikan representasi dalam permainan. Dalam satu kali giliran ada tiga runtutan yakni mengambil 2 kartu pada tumpukan dek, menaruh kartu pada field deck seperti menaruh creature, mengaktifkan skill atau memasang jebakan. Selain itu, jika sudah melewati satu putaran, creature yang ada di field deck bisa disuruh untuk berburu ke padang rumput. Eit berburunya tidak segampang itu loh! Akan ada sistem randomize yakni roll dadu. Jika pemain mendapatkan mata dadu 4, 5 atau 6 maka pemain tersebut berhak mendapatkan kartu domba. Eit eit jangan senang dulu ya. Dalam tumpukan kartu domba masih ada jebakan. Kartu dompa bisa berupa 1 domba, 2 domba, tidak ada domba bahkan ada Bom Domba.

Oh my Sheep

Ada banyak kemungkinan dan strategi dalam permainan ini. Jika pemain fokus membangun strategi dengan meletakkan creature pada field deck dan berharap bisa disuruh untuk berburu maka waspadalah. Karena pemain lain bisa mengarahkan ras nya untuk berburu pada field deck lawan loh atau mengaktifkan kartu skill yang mencegah domba memasuki ladang rumput. Jika misi sukses maka pemain akan mendapatkan kartu domba lawan. Hal inilah yang membuat para pemburu domba menjadi hopeless karena perjuangan berburu dan mengumpulkan terasa sia-sia. Makin mengenaskan!

Lalu ada strategi dengan membangun jebakan. Yap! Jebakan ini sangat membantu banyak terutama untuk menangkis berbagai skill tak terduga dari lawan yang berniat jahat. Lalu ada juga strategi yang memanfaatkan skill istimewa dari tiap-tiap ras. Skill ini cukup ampuh untuk memperoleh banyak domba (jika tidak digagalkan oleh kartu trap). Itu cuma sebatas strategi, tergantung pemahaman pemain dan kondisi kartu dan field juga sih.

Sisi menarik dari permainan ini adalah tiap fase permainan memiliki banyak varian sehingga mampu dimainkan hingga berulang kali dan tidak membosankan. Lalu ada kartu-kartu skill dan trap yang membuat letupan-letupan ditengah-tengah permainan. Lalu permainan ini juga bisa menjahili lawan dengan cara merebut domba yang telah berhasil direbut atau mencegah domba lawan untuk berburu di padang rumput. Akhir dari permainan ini adalah jika semua kartu domba di padang rumput telah habis maka pemain dengan jumlah domba terbanyak dialah sang juara.

Jika tertarik untuk memiliki boardgame ini, OMS membukan pre order. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi :

https://www.facebook.com/ohmysheepcardgame

Comments

comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *