[REVIEW] Balap Rorodaan, Laki Hadapi Tantangan

Siapa yang bercita-cita menjadi pembalap F1 seperti Kakak Rio Haryanto? Keren kan bisa naik mobil Formula One diluar negeri lagi. Kali ini Segara akan mengulas sebuah permainan tradisional tentang balapan namanya adalah Balap Laker.

Permainan Balap Laker ini atau biasa disebut papan roda ini popular dimainkan oleh anak laki-laki. Permainan ini biasa dimainkan di jalan-jalan yang memiliki ketinggian sebagai arena lintasan.

Cara membuatnya sangat gampang. Mainan ini terbuat dari kayu berukuran 50×20 cm. Di depan dan belakang bagian bagian bawah papan, terdapat kayu kecil yang lebih panjang dari lebar papan diatasnya. Nah, kayu ini berfungsi sebagai as untuk memasang roda di setiap ujungnya. Lalu rodanya terbuat dari apa ya? Keempat roda diambil dari besi laker mobil bekas yang sudah tidak terpakai. Lalu kayu as depan dibuat lebih panjang untuk pijakan kaki dan juga sebagai kemudi untuk belok.

Permainan ini setidaknya butuh 4 orang dalam bermain. Jadi ada orang yang balapan menggunakan mobil laker. Pemain yang duduk diatas papan biasa disebut joki. Lalu pemain yang lain berada dibelakangnya sebagai tenaga pendorong. Aturan mainnya, setiap pemain bersiap di garis permulaan. Setiap joki duduk dengan kedua tangan berpegangan pada papan, sementara kakinya berpijak pada as kemudi.

Setelah ada aba-aba meluncur tenaga pendorong segera mendorong pundak joki. Jika bermain pada jalan yang menurun, pada pendorong tidak diperlukan karena papan akan meluncur dengan sendirinya. Gesekan roda laker dan jalan akan menimbulkan suara yang berisik seolah kamu sedang berada di lintasan F1 (katanya sih begitu). Joki yang mengatur kemudi kiri dan kanan agar papan berjalan sesuai arah. Joki yang sampai duluan di garis akhir dialah pemenangnya.

Permainan cukup beresiko sehingga dibutuhkan keberanian dan arena bermain yang aman dari lalu lintas kendaraan yang padat. Semangat mencoba!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top