[REVIEW] Ini Nih Rahasia Jago Main Gobag Sodor ala Segara!

Bermain itu sangat sederhana. Tak perlu biaya mahal bahkan hanya modal kebersamaan sudah bisa bermain. Salah satu contoh permainan tradisional yang popular dan murah meriah adalah Gobag Sodor. Pada tau gak Gobag Sodor itu permainan seperti apa?

Gobag Sodor adalah jenis permainan tradisional yang dimainkan secara berkelompok yang terdiri dari 2 regu. Tiap-tiap regu berisi 3 hingga 5 orang. Permainan ini memerlukan arena bermain yang cukup luas karena akan ada aktivitas kejar-kejaran.

Persiapan bermainnya cukup mudah. Pertama membuat garis-garis penjagaan dengan kapur seperti lapangan bulu tangkis (tanpa garis rangkap). Satu petak arena bermain dibagi menjadi 6 kotak. Lalu dua ketua regu suit untuk menentukan siapa yang menang dan kalah. Regu yang kalah akan bertugas sebagai penjaga garis dan menghalangi agar regu yang menang tidak bisa lolos ke garis terakhir secara bolak-balik.

Regu yang kalah akan menjaga garis penjagaan. Aturan penjagaannya adalah tiap anggota regu akan menjaga garis secara horizontal saja atau secara vertikal saja. Jadi penjaga garis horizontal hanya boleh bergerak menghalangi lawan dengan bergerak secara horizontal. Begitupun juga penjaga garis vertikal.

Tipsnya untuk jago main ini adalah :

  1. Pastikan kamu tidak mempunyai masalah pribadi dengan teman tim ataupun lawan. Hehe biar mainnya gak penuh dengan dendam dan amarah.
  2. Bergerak dan berlarilah se-efisien mungkin.
  3. Mampu melihat celah di setiap pintu penjagaan
  4. Jangan egois. Jika pintu penjagaanmu tertutup itu artinya pintu penjaga lain terbuka sehingga teman tim kamu bisa menerobos masuk
  5. Jangan sombong, karena permainan ini adalah permainan kelompok jadi bangunlah kekuatan kelompok bukan kekuatan individu saja
  6. Yang terakhir adalah semangat. Udah gitu aja tipsnya

Kerja sama dan kekompakkan diajarkan dalam permainan ini. Mengatur strategi bagaimana menerobos pertahanan lawan dan tidak tertangkap oleh penjaga garis. Untuk menentuk juara permainan ini adalah regu mana yang paling banyak anggota regunya bisa menerebos penjagaan garis secara bolak balik itulah pemenangnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top