[REVIEW] Permainan Si Kaya dan Si Miskin

Tak jelas pasti berawal dari mana permainan diciptakan. Permainan ini menguji ketangkasan para pemain. Permainan ini bisa dimainkan oleh 4 orang atau lebih di lapangan, halaman rumah ataupun taman bermain.

Cara bermain cukup gampang loh. Skenario dari permainan ini adalah ada 1 orang yang berperan sebagai orang kaya dan 1 orang lainnya menjadi orang miskin. Sisanya berbaris di belakang si Miski dan berperan sebagai anak si Miskin.

Orang kaya meminta anak pada orang miskin sambal bernyanyi dan bergerak maju mundur. Lalu satu per satu anak si Miskin yang diminta harus segera pindah ke belakang si Kaya

Tibalah saatnya si Miskin kehabisan anaknya karena berpidah ke si Kaya. Bagian serunya adalah ketika si Miskin menco merebut kembali anak-anaknya dari si Kaya. Dengan segala upaya, si Kaya harus mencegah si Miskin mengambil anaknya. Pemain yang telah menjadi anak si Kaya harus berbaris ke belakang dan berpegangan erat pada pinggang teman di depannya agar tidak ditangkap oleh si Miskin. Anak yang terlepas dari pegangannya saat ditarik si Miskin akan kembali menjadi anaknya.

Permainan pun diulang-ulang hingga si Kaya kehabisan anaknya. Dalam permainan ini adalah nyanyian sebagai penyemarak permainan sebagai berikut :

Si Kaya                  : Saya orang kaya… saya orang kaya…

Si Miskin              : Saya orang miskin… saya orang miskin…

Si Kaya                  : Saya minta anak… saya minta anak…

Si Miskin              : Namanya siapa… namanya siapa…

Si Kaya                  : Namanya si Neli… namanya si Neli (Sesuai dengan nama anak yang diminta

Si Miskin              : Neli lekas pergi jangan kembali lagi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top