[JOURNAL] Relationship between Motivation and Student’s Activity on Educational Game

Hai Segara,

Kali ini kita akan mengulas tentang sebuah jurnal yang berjudul Relationship between Motivation and Student’s Activity on Educational Game. Jurnal ini ditulis oleh Hyungsung Park dengan nama jurnal International Journal of Grid and Distributed Computing -Vol. 5, No. 1, March, 2012.

Dalam penelitian ini, ada 115 siswa SD yang telah menerima pelajaran matematika. Subjek di bagi dalam dua kelompok. Kelompok satu menggunakan permainan Zoombini 2-Mountain. Kelompok dua di belajar seperti biasa di dalam kelas matematika.  Kedua kelompok tersebut memiliki materi yang sama yaitu aritmatika untuk sekolah dasar.

Penelitian ini dilatarbelakangi pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa permainan instruksional memiliki manfaat yang positif pada prestasi akademik akademik.  Dari penelitian ini peneliti ingin melihat dari motivasi anak yang menggunakan permainan berbasis pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat aktivitas game edukasi pada motivasi dari peserta didik.

Dari penelitian ini didapatkan hasil yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan motivasi intrinsik (motivasi yang berasal dari dalam diri anak tanpa ada dorongan dari luar). Anak yang belajar dengan educational game memiliki tingkat motivasi intrinsik yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak menggunakan educational game dalam pembelajarannya.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah anak yang menggunakan permainan berbasis pembelajaran memiliki motivasi intrinsik yang lebih tinggi dibanding dengan anak yang tidak menggunakan permainan dalam pembelajaran (Sy/Dy)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top